Cara menaikkan kompresi tidak selalu dengan cara membubut kepala silinder ataupun blok silinder di tukang bubut, maupun ganti piston
jenong. Cukup atur ketebalan paking milik Honda Supra X atau Honda
Grand, menggunakan milik Legenda. Kompresi dapat dibuat harian sehingga
bisa membantu cabut-cabut akselerasi. Hasilnya enak dan sekaligus
membuat irit bahan bakar.
Lebih detil tebal paking blok silinder bawah Supra X adalah 1,2 mm, sedang Supra fit/Legenda 0,5 mm. Artinya dengan cara ini efeknya sama dengan papas head 0,7 mm. Kepala piston tetap aman alias tak perlu dipapas, karena saat di TMA posisimendem piston masih sisa 0,7 mm, kan aslinya 1,2 mm. Tidak perlu bikin coakan klep pada kepala piston, asal durasi kem masih standart. Sekali lagi, itu baru cerita paking bawah. Beda bila ganti atas-bawah, ini butuh memperdalam coakan klep pada piston. Tinggal bikin coakan klep kurang lebih 0.5 - 1 mm.
Sumber