Salah Satu Cara Menaikkan Kompresi Grand dan Supra X

Posted by

Cara menaikkan kompresi tidak selalu dengan cara membubut kepala silinder ataupun blok silinder di tukang bubut, maupun ganti piston jenong. Cukup atur ketebalan paking milik Honda Supra X atau Honda Grand, menggunakan milik Legenda. Kompresi dapat dibuat harian sehingga bisa membantu cabut-cabut akselerasi. Hasilnya enak dan sekaligus membuat irit bahan bakar.
Pakingnya pun tak perlu repot beli yang macam-macam. Gunakan saja paking silinder Honda Legenda atau Honda Supra Fit . Jika paking Supra X atau Grand di ganti dengan Legenda, piston akan mendem 0.7 mm (deck clearence). dan agar lebih aman, coakan klep pada piston diperdalam 0.5 mm lagi. Pakingnya lebih tipis dari Supra X, otomatis kompresi naik namun sangat aman untuk harian.

Lebih detil tebal paking blok silinder bawah Supra X adalah 1,2 mm, sedang Supra fit/Legenda 0,5 mm. Artinya dengan cara ini efeknya sama dengan papas head 0,7 mm. Kepala piston tetap aman alias tak perlu dipapas, karena saat di TMA posisimendem piston masih sisa 0,7 mm, kan aslinya 1,2 mm. Tidak perlu bikin coakan klep pada kepala piston, asal durasi kem masih standart. Sekali lagi, itu baru cerita paking bawah. Beda bila ganti atas-bawah, ini butuh memperdalam coakan klep pada piston. Tinggal bikin coakan klep kurang lebih 0.5 - 1 mm.
Sumber


Blog, Updated at: 6:00 PM

Pengunjung

Powered by Blogger.