Perhitungan Kompresi Dinamis Mesin 4 Tak Lewat Rumus

Posted by


Cara Menghitung Kompresi Dinamis Mesin 4 Tak Lewat Rumus Rasio - kompresi dinamis mesin dipengaruhi oleh timing buka tutup noken as. Ketika mengganti noken as dengan durasi lebih tinggi, biasanya laju motor akan lemah saat rpm rendah namun terasa lebih jalan saat rpm tinggi. Hal ini dapat diakali melalui peningkatan rasio kompresi dinamis mesin. Rasio kompresi dinamis mesin dapat dihitung menggunakan rumus matematika trigonometri. Berikut contoh perhitungannya.



menghitung kompersi statis
Diketahui
Model uji adalah Yamaha Jupiter, dengan diameter piston 49 mm dan langkah piston (stroke) 54 mm. Panjang stang piston sebesar 93.5 mm. Rasio kompresi statis di brosur adalah  9.0 : 1. Klep in menutup saat 57ยบ setelah TMB. Volume ruang bakar sekitar 12.7 cc.

Ditanya
Berapakah rasio kompresi dinamis nya dan oktan bahan bakar berapa yang cocok?

Jawab
Effective Stroke = 44.5 mm (cara mencari lihat di sini)
Vs Dinamis = (3,14 x 49 x 49 x 44.5) : 4000 = 83.9 cc
RKD = (83.9 + 12.7) : 12.7
RKD = 96.6 : 12.7
RKD = 7,6 : 1

Dan oktan bahan bakar yang cocok untuk spesifikasi motor ini adalah Premium dengan oktan 88. Berikut tabel hubungan oktan bahan bakar dengan rasio kompresi.
hubungan oktan bensin dengan rasio kompersi dinamis

Sumber


Blog, Updated at: 12:28 PM

Pengunjung

Powered by Blogger.