Cara Menghitung Kompresi Dinamis Mesin 4 Tak Lewat Rumus Rasio -
kompresi dinamis mesin dipengaruhi oleh timing buka tutup noken as.
Ketika mengganti noken as dengan durasi lebih tinggi, biasanya laju
motor akan lemah saat rpm rendah namun terasa lebih jalan saat rpm
tinggi. Hal ini dapat diakali melalui peningkatan rasio kompresi dinamis
mesin. Rasio kompresi dinamis mesin dapat dihitung menggunakan rumus
matematika trigonometri. Berikut contoh perhitungannya.
Diketahui
Model uji adalah Yamaha Jupiter, dengan diameter piston 49 mm dan
langkah piston (stroke) 54 mm. Panjang stang piston sebesar 93.5 mm.
Rasio kompresi statis di brosur adalah 9.0 : 1. Klep in menutup saat
57ยบ setelah TMB. Volume ruang bakar sekitar 12.7 cc.
Ditanya
Berapakah rasio kompresi dinamis nya dan oktan bahan bakar berapa yang cocok?
Jawab
Effective Stroke = 44.5 mm (cara mencari lihat di sini)
Vs Dinamis = (3,14 x 49 x 49 x 44.5) : 4000 = 83.9 cc
RKD = (83.9 + 12.7) : 12.7
RKD = 96.6 : 12.7RKD = 7,6 : 1
Dan oktan bahan bakar yang cocok untuk spesifikasi motor ini adalah Premium dengan oktan 88. Berikut tabel hubungan oktan bahan bakar dengan rasio kompresi.
hubungan oktan bensin dengan rasio kompersi dinamis |
Sumber