Ini hanya bicara seputar korek jalanan pada piston
Yamaha RX-King. Yang diulas pun hanya bagian pantat. Korek piston ini
referensi, ya digabung-gabung jadi ilmu tambahan. Tambahan untuk
melengkapi sebelumnya. Namanya juga korek harian, berarti ringan, hanya
mendesain pantat piston seperti ‘M’.
Kebetulan model korekannya macam huruf awalan portal ini. Dengan coakan ala ‘M’, saat piston di TMA, kabut yang dikelola reed valve
akan mudah menuju kompresi primer atau awal. Kompresi ini terjadi di
ruang kruk-as (crankcase) ala 2-tak. Desain pojok kiri-kanan pada 'M'
dibikin melengkung, bukan 'M' garis lurus yang siku-sikunya tegak. Bukan
hanya itu, uap juga cepat ke ruang bakar. Sebab, gunanya ‘M’ agar
bensin dari manifold tidak membentur piston. Uap datang dengan bentuk
bulat.
Sumber