Noken as mobil
dapat di-modifikasi dan di aplikasi kan ke sepeda motor. Caranya dengan
memotong noken as mobil menjadi ubahan yang kita inginkan. Berikut data
noken as yang biasa dipakai oleh tuner:
1. Noken as Genio, lebar pinggang 31mm dan tingginya 35mm.
- Bisa dipakai untuk Mio, Jupiter, Shogun 110, Smash
- 1 lonjor noken as bisa dijadikan 4 bagian (bebek)
- Bisa dipakai untuk Mio, Jupiter, Shogun 110, Smash
- 1 lonjor noken as bisa dijadikan 4 bagian (bebek)
- Bisa dipakai untuk Mio, Jupiter, Shogun 110, Smash
- 1 lonjor noken as bisa dijadikan 4 bagian (bebek)
- 1 lonjor noken as bisa dijadikan 3 bagian (sport)
- Bisa dipakai untuk Mio, Jupiter, Vega, Crypton
- 1 lonjor noken as bisa dijadikan 4 bagian (bebek)
Bagaimana cara membuatnya? Mudah kok. Dari konstruksi lonjoran noken as
mobil, dipotong lebih dulu per dua bagian, menjadi 3 sampai 4 potongan.
Hal tersebut tergantung dari keperluan. Untuk sepeda sport, dibutuhkan
bidang yang lebih panjang.
Setelah proses pertama, noken as di center untuk menentukan jarak noken as In-Ex, pembuatan rumah bearing, dudukan driven gear camshaft dan menentukan panjang total noken as, agar sesuai dengan noken as yang direncanakan.
Proses finishing nya adalah menentukan nilai LSA (posisi derajat noken
as In-Ex), berdasar dari LSA noken yang akan dibuat. Pada bagian ini
penentuan sudut LSA hanya berdasar pada lobe atau bidang permukaan noken
as yang paling tinggi (lift), tanpa mengurangi dimensi profil noken as
mobil yang di aplikasi. Dengan begitu, rentang desain yang dihasilkan
lebih banyak seperti untuk memainkan durasi noken as,
menambah/mengurangi LSA noken as, serta lebar/sempit overlap.