bagian yang dipapas |
Model setelan rantai
kamprat generasi Honda C-series masih menganut model konvensional.
Model ini hanya tahan hingga 8000 rpm dan cepat minta ganti rantai. Bila
rantai keteng/kamprat Anda sudah minta ganti ada solusi hemat disaat
dompet tipis. Yaitu dengan mengurangi tuas tensioner yang berdekatan
dengan crankcase.
1. Buka Tuas Presneling, dan Bak Magnet
Untuk langkah ini membutuhkan Kunci 10 untuk tuas presneling, kunci T8
untuk membuka keempat baut pengikat bak magnet. Tidak perlu khawatir oli
tumpah, karena daerah ini termasuk daerah kering tanpa adanya oli.
2. Lepas Magnet
Melepas magnet membutuhkan treker magnet khusus. Buka terlebih dahulu
baut pengikatnya menggunakan kunci 14. Lepas magnet menggunakan treker.
3. Lepas Sistem Starter
Buka baut pengunci, lidah penahan rantai, gear starter, dan rantai starter.
4. Operasi dimulai
Buka tuas penonjok/tuas tensioner menggunakan kunci 17. Untuk melepas
part ini, per tensioner harus dilepas terlebih dahulu. Caranya dengan
menggunakan kunci 14, baut pada bagian bawah dibuka. Hati - hati per
meloncat. Setelah terlepas, silahkan kikir tuas tersebut atau
menggunakan gerinda. Tidak perlu banyak - banyak, hanya sampai tuas
tidak menempel pada crankcase atau ada jarak bebas 1 - 2 mm. Pasang
kembali tuas, masukkan per dan pasang. Setel ketegangan rantai keteng
dan kencangkan.
5. Pasang kembali semua part.
Caranya dengan kebalikan proses di atas. Setelah beres, nyalakan mesin dan cek.