stang F1ZR |
Bagi maniak bebek 2 tak varian Yamaha,
F1Z-R tetap menjadi idola. Itu lantaran, teknologi Yamaha Performace
Cooling Systemnya masih fungsional menekan suhu mesin, sehingga
bersahabat saat dipakai di kawasan metropolis.
Cuman ada problem klasik di seputaran as komstir, tepatnya di bagian nat
atau coakan dudukan pin stang kemudi. Jadi coakan itu fungsinya,
sebagai stoper pin yang menjepit bushing stang kemudi. Tapi, efek dari
vibra dan terlalu seringnya stang kemudi ditarik atau diongkek, seperti
saat keperluan menstandar tengah. Lama kelamaan nat atau coakan pada as
komstir jadi melebar.
Sehingga, stang kemudi mudah menimbulkan selip dengan as komstir. Dan
berujung pada perubahan posisi stang kemudi yang kurang simetris dengan
roda depan alias miring. Untuk mengatasi hal ini, cukup bobok ulang nat
atau coakan pada as komstir dengan las listrik di bagian yang aus.
Kemudian rapikan dengan gerinda, sesuai dengan lingkar baut 14 mm
sebagai pinnya. Dan cara ini juga bisa diterapkan pada bebek lain yang
juga mengusung kontruksi stang kemudi seperti F1Z-R. Apalagi bebek yang
setiap harinya menyisir jalanan bumpy.