Sistem katup motor 4 tak berfungsi untuk mengatur masuk dan keluarnya
gas d`lam silinder blok maupun di ruang bakar . Penyempurnaan "sistem
katup motor 4 tak" terus dilakukan , guna mendapatkan efesiensi bahan bakar
dan peningkatan kinerja mesin . Saat ini , banyak sekali model - model
sistem katup motor 4 tak . Namun secara garis besar sistem katup motor 4
tak dapat dibagi menjadi berikut :
1. Over head valve (OHV)
Tipe ini memiliki ciri letak camshaft berada di blok mesin.
2.a. Single Over Head camshsaft (SOHC)
Tipe ini memiliki ciri letak camshaft berada di atas silinder head.
2.b. Double Over Head Camshaft (DOHC)
Tipe ini memiliki ciri letak camshaft berada di atas silinder head dengan jumlah camshaft ada dua.
Demikianlah postingan saya tentang macam - macam sistem katup pada motor
4 tak . Jika ada ketidakjelasan, silahkan tinggalkan komentar.3. Desmodromic
Tipe ini di miliki oleh Ducati yang ciri cirinya menggunakan per klep yang lunak bahkan tanpa per klep.
Sistem katup motor 4 tak berfungsi untuk mengatur masuk dan keluarnya
gas d`lam silinder blok maupun di ruang bakar . Penyempurnaan "sistem
katup motor 4 tak" terus dilakukan , guna mendapatkan efesiensi bahan bakar
dan peningkatan kinerja mesin . Saat ini , banyak sekali model - model
sistem katup motor 4 tak . Namun secara garis besar sistem katup motor 4
tak dapat dibagi menjadi berikut :
1. Over head valve (OHV)
Tipe ini memiliki ciri letak camshaft berada di blok mesin.
2.a. Single Over Head camshsaft (SOHC)
Tipe ini memiliki ciri letak camshaft berada di atas silinder head.
2.b. Double Over Head Camshaft (DOHC)
Tipe ini memiliki ciri letak camshaft berada di atas silinder head dengan jumlah camshaft ada dua.
Demikianlah postingan saya tentang macam - macam sistem katup pada motor
4 tak . Jika ada ketidakjelasan, silahkan tinggalkan komentar.3. Desmodromic
Tipe ini di miliki oleh Ducati yang ciri cirinya menggunakan per klep yang lunak bahkan tanpa per klep.
Sumber