Tenaga motor ngempos, bisa saja di karena kan klep/katup
(valve) bocor. Yang di maksud klep bocor adalah klep tidak dapat duduk
sempurna pada dudukan klep di karenakan terganjal arang bekas
pembakaran, kotoran (debu) atau tergores. Cara mengecek klep bocor atau
tidak dengan cara menuangkan beberapa cc bensin ke lubang Intake dan
exhaust atau lubang masuk bensin dan lubang keluarnya sisa pembakaran.
Apabila bensin merembes menyelinap di pinggiran klep berarti klep bocor,
segera lakukan Skir klep.
Ada dua cara men-skir klep motor, mari kita bahas satu persatu :
1. Cara pertama
Payung klep disambung dengan selang yang ukurannya lebih kecil sedikit dari batang klep dan di skir pakai tangan.
2. Cara kedua
Ekor/batang klep di beri sambungan dari bahan karet untuk di hubungkan dengan mata bor atau alat skir klep.
Cara ini memerlukan felling kuat dan ketelitian, karena apabila salah
sedikit klep tetap bocor atau saking semangatnya sampai - sampai
kebablasan hancur tuh klep termakan obat skir klep. Ini biasa terjadi
jika men-skir klep dengan bor mesin.