Setelah iseng mengukur tiap jarum skep karburator, ternyata didapatkan
bahwa beda tiap klip di jarum skep sejauh 1mm. Jadi kalau klip digeser
dari klip ke 3 (tengah) ke klip nomer 5 (bawah), jarum skep akan lebih
dahulu terangkat sebanyak 2mm. Kalau untuk setting/jetting karburator,
hal ini menjadi penting karena jarum berfungsi sebagai pengatur bensin
yang keluar dari main jet.
Ada saat motor yang kita setting/jetting serasa kosong putaran
tengahnya. Silahkan coba saja mainkan klip jarum dan ukuran main jet
nya. Ritme buka tutup skep dan jarum skep dapat dilihat saat karburator
terlepas dari motor. Cek aja kemiringan jarum skep mulai terjadi saat
skep terbuka berapa putaran. Kalau dimainkan gas nya ternyata bukaan
jarum telat, ya klip jarum dapat diturunkan. Kalau bukaan jarum terlalu
cepat ya klip dapat dinaikkan.