Bagi para pemakai motor yang masih mengandalkan karburator
untuk supply bahan bakar, seharusnya tahu lubang-lubang yang ada pada
komponen pengabut bahan bakar dan udara tersebut. Jadi, jika ada trouble
alias masalah, langsung ketemu jalan keluarnya.
Di karburator, ada satu lubang yang berfungsi untuk menjaga tekanan udara di dalam floating chamber atau ruang bahan bakar.
Saluran itu terhubung dengan udara luar, sehingga tekanan yang ada di
dalam ruang pelampung pun sama dengan tekanan udara luar. So, macam
saluran pernapasan.
Dengan tekanan dalam yang sama dengan udara luar, menjadikan bahan bakar
lancar mengalir ke dalam ruang bakar. Proses pengabutan, jadi tak
tersendat yang mengakibatkan engine seperti mau mati.
Akan tetapi, bisa menjadi masalah saat saluran tersebut tersumbat atau tertutup. Akibatnya, udara luar tidak bisa terhubung dengan ruangan dalam karburator. Jika saluran itu sampai tertutup, akan menyebabkan ruang dalam karburator yang berisi bahan bakar menjadi vakum.
Akan tetapi, bisa menjadi masalah saat saluran tersebut tersumbat atau tertutup. Akibatnya, udara luar tidak bisa terhubung dengan ruangan dalam karburator. Jika saluran itu sampai tertutup, akan menyebabkan ruang dalam karburator yang berisi bahan bakar menjadi vakum.
Jika sampai vakum, akan berakibat bahan bakar tidak akan bisa tertarik
secara sempurna. Sehingga, kinerja mesin akan terganggu. Untuk itu,
biasanya saluran ini dihubungkan dengan slang. Jadi, bisa terhindar dari
kotoran maupun air yang
bisa masuk ke dalam ruang karburator. Slang itu fungsinya vital, maka
kita juga harus selalu menjaga kondisinya dari kotoran yang disebabkan
oleh debu, oli maupun air hujan. Bahkan, air ketika kita mencuci motor.