Pengertian Gearbox Dalam beberapa unit mesin memiliki sistem pemindah tenaga yaitu gearbox yang
berfungsi untuk menyalurkan tenaga atau daya mesin ke salah satu bagian
mesin lainnya, sehingga unit tersebut dapat bergerak menghasilkan
sebuah pergerakan baik putaran maupun pergeseran. Gearbox merupakan suatu alat khusus yang diperlukan untuk menyesuaikan daya atau torsi (momen/daya) dari motor yang berputar, dan gearbox juga adalah alat pengubah daya dari
motor yang berputar menjadi tenaga yang lebih besar.
motor yang berputar menjadi tenaga yang lebih besar.
Fungsi Gearbox Gearbox atau transmisi
adalah salah satu komponen utama motor yang disebut sebagai sistem
pemindah tenaga, transmisi berfungsi untuk memindahkan dan mengubah
tenaga dari motor yang berputar, yang digunakan untuk memutar spindel
mesin maupun melakukan gerakan feeding. Transmisi juga berfungsi untuk mengatur kecepatan gerak dan torsi serta berbalik putaran, sehingga dapat bergerak maju dan mundur.
Transmisi manual atau lebih dikenal dengan sebutan gearbox, mempunyai beberapa fungsi antara lain :
- Merubah momen puntir yang akan diteruskan ke spindel mesin.
- Menyediakan rasio gigi yang sesuai dengan beban mesin.
- Menghasilkan putaran mesin tanpa selip
Input shaft (poros input)
Input shaft adalah komponen
yang menerima momen output dari unit kopling, poros input juga befungsi
untuk meneruskan putaran dari clutch kopling ke mainshaft (poros
utama), sehingga putaran bisa di teruskan ke gear-gear. Input shaft juga
sebagai poros dudukan bearing dan piston ring, selain itu berfungsi
juga sebagai saluran oli untuk melumasi bagian dari
pada inputshaft tersebut.
Gear shift housing (rumah lever pemindah rpm)
Gear shift housing adalah housing dari
pada lever pemindah gigi yang berfungsi untuk mengatur ketepatan
perpindahan gigi, apabila gigi sudah dipindahkan maka lever akan
terkunci sehingga lever tidak bisa berpindah sendiri pada saat spindel
sedang berputar.
Main shaft (poros utama)
Mainshaft yang berfungsi sebagai
tempat dudukan gear, sinchromest, bearing dan komponen-komponen lainnya.
Main shaft juga berfungsi sebagai poros penerus putaran dari input
shaft sehingga putaran dapat di teruskan ke spindel, main shaft juga
berfungsi sebagai saluran tempat jalannya oli.
Planetary gear section (unit gigi planetari)
Planetary adalah alat pengubah rpm di
suatu range tertentu dimana rpm dapat di ubah sesuai dengan kebutuhan
proses pengerjaan dan dapat pula mengubah arah putaran spindel.
Oil pump assy (pompa oli)
Oil pump berfungsi untuk memompa dan
memindahkan oli dari transmisi case (rumah transmisi) menuju
ke sistem untuk dilakukan pelumasan terhadap komponen-komponen yang ada
di dalam transmisi secara menyeluruh.
Clucth housing
Clutch housing adalah rumah
dari clucth kopling yang berfungsi sebagai pelindung clutch
kopling, clutch housing juga berfungsi sebagai tempat dudukan dari
pada oil pump dan input shaft.
Transmisi gear/ roda gigi transmisi
Transmisi gear atau roda gigi
transmisi berfungsi untuk mengubah input dari motor menjadi output gaya
torsi yang meninggalkan transmisi sesuai dengan kebutuhan mesin.
Bearing
Bearing berfungsi untuk menjaga
kerenggangan dari pada shaft (poros), agar pada saat unit mulai bekerja
komponen yang ada di dalam transmisi tidak terjadi kejutan, sehingga
transmisi bisa bekerja dengan smooth (halus).
Piston ring (ring penyekat oli).
Piston ring berfungsi sebagai penyekat
agar tidak terjadi kebocoran pada sistem pelumasan, piston ring juga
berfungsi sebagai pengencang input shaft agar input shaft tidak rengang
pada saat unit berjalan.
Sun gear (gigi matahari)
Sun gear berfungsi untuk meneruskan
putaran ke planetary gear section. Sun gear berhubungan langsung
dengan gear yang ada pada unit planetary yang berfungsi sebagai penerus
putaran, momen dari transmisi.
Oil filter (filter oli)
Oil filter adalah komponen yang
berfungsi untuk menyaring oli dari kotoran. Oli harus di saring, agar
komponen transmisi tidak cepat aus yang disebabkan karena terjadinya
gesekan antara komponen yang dapat menimbulkan geram-geram. Sehingga oli
yang masuk ke sistem harus disaring dulu agar unit transmisi tetap
baik.
Oil pipe (pipa oli)
Oil pipe adalah pipa oli tipe batang,
yang berfungsi sebagai saluran oli untuk menyalurkan oli dari transmisi
case ke planetary gear section untuk dilakukan pelumasan terhadap
unit planetary.
semoga bermanfaat..