Fungsi Filter pada Motor Anda

Posted by



Fungsi Filter pada Motor Anda 
Perlu di ketahui bahwa fungsi filter udara untuk motor kita adalah menyaring udara bebas dari luar yang akan masuk ke ruang pembakaran agar selalu dalam keadaan bersih.
Udara yang sudah disaring akan terhisap ke ruang pembakaran bersamaan dengan bahan bakar untuk diolah di dalam dapur pacu motor. Setelah itu akan timbul sisa pembakaran. Pada motor kesayangan kita, sisa pembakaran itu akan dialirkan ke ruang cylinder (CECS ) untuk merubah zat racun karbon monoksida (CO) menjadi Karbondioksida (CO2) dan Hydro Carbon (HC) menjadi dan Air (H2) yang lebih ramah lingkungan baru selanjutnya dilepas ke knalpot.
Apabila udara yang masuk tadi bercampur dengan zat-zat padat dari luar, seperti debu, pasir atau kotoran-kotoran lainnya, maka tentunya akan berakibat fatal bagi kerja mesin motor, dimana akan berdampak piston, ring dan dinding silinder menjadi aus/baret.
Sedangkan apabila filter udara terlalu kotor maka udara yang akan masuk menjadi terhambat dan timbul kevakuman berlebihan di area karburator. Hal ini menyebabkan BBM tersedot menjadi BOROS, campuran udara dan BBM tidak sesuai sehingga Performa mesin tidak maksimal dan cepat panas.
Beberapa type motor  menggunakan 3 jenis filter udara yaitu dari jenis busa, kertas, dan viscous. element dimana untuk yang menggunakan kertas perawatannya lebih mudah.
Untuk tipe motor yang masih menggunakan busa . Untuk membersihkan tidak dianjurkan mencuci filter dengan bensin karena bisa meyebabkan perubahan bentuk /melar dan teksture-nya melemah.
Untuk beberapa tipe motor yang bukan matik karena bahannya terbuat dari kertas, maka untuk membersihkan filter/saringan udara dapat dilakukan dengan menyemprotnya dengan udara bersih kompresor.
Sedangkan untuk beberapa tipe motor matik menggunakan “Wet Element Cleaner”
TIDAK disarankan untuk di cuci atau dibersihkan dengan angin kompresor atau bensin.
Karena saringan udara tipe motor ini terbuat dari bahan khusus ( viscous element ) yang dilapisi
dengan oli khusus, apabila di semprot dengan angin, maka kandungan olinya bisa hilang dan
penyaringannya tidak sempurna.
Jadi secara periodik saringan udara jenis ini perlu diganti pada setiap 12.000 kilometer.


Blog, Updated at: 7:47 PM

Pengunjung

Translate

Powered by Blogger.