Sebagaimana telah kita ketahui stang seher pada sepeda motor keluaran
sekarang lebih pendek daripada keluaran sepeda motor sebelum tahun 2000.
Banyak perubahan dilakukan oleh industri sepeda motor dengan mengurangi
panjang dari langkah sehernya, guna mencapai performa mesin yang lebih
baik. Ditambah dengan tuntutan pasar sepeda motor saat ini yang menuntut
penghematan bahan bakar, guna mengatasi krisis energi global.
Pemangkasan stroke seher pada sepeda motor bertujuan untuk mempercepat
mesin untuk mencapai rpm tinggi. Dengan berkurangnya panjang stroke
seher, maka langkah seher menjadi terpotong juga, atau lebih pendek.
Langkah piston dari TMA menuju TMB menjadi lebih pendek. Sehingga
pergerakan naik turun piston menjadi lebih singkat, yang akan
berpengaruh juga pada kecapatan putaran dari poros engkol atau kita
sebut dengan rpm mesin.
Keuntungan lain yang didapatkan adalah hematnya bahan bakar. Dengan
semakin pendeknya langkah seher / piston, maka lama penghisapan bahan
bakar pada langkah hisap menjadi semakin sebentar atau singkat. Dan
berakibat pengurangan jumlah bahan bakar yang terhisap.
Namun tetap saja pemotongan langkah seher ini memiliki kekurangan.
Masih ingatkah Anda dengan prinsip pengungkit pada pelajaran fisika.
Jika kita mau meringankan tenaga mengungkit suatu benda, maka tangkai
pengungkit dibuat lebih panjang. Dan sebaliknya, jika pengungkit ini
semakin pendek maka tenaga ungkit yang dibutuhkan semakin besar. Karena
itu kerja dari si pengungkit akan semakin berat.
Lalu apa hubungannya dengan pemotongan stang seher ?
Dengan terpotongnya panjang stang seher, sama saja dengan membuat pendek
tangkai pengungkit. Dan hal ini membuat semakin berat tenaga dari hasil
pembakaran pada ruang bakar. Pada saat jalan rata dan beban yang
diangkut standar, maka hal ini tidak nampak. Namun pada saat jalan
menanjak, tenaga yang dihasilkan oleh stang seher yang panjang akan
lebih besar. Atau mudahnya saat jalan menanjak sepeda motor dan mobil
yang berstang seher panjang akan cepat melaju pada saat tanjakkan
dibanding yang stang sehernya pendek.
Namun disaat jalan rata tetap yang berstang seher pendek lebih cepat melaju daripada yang berstang seher panjang.