Konstruksi roda belakang Vario CBS
beda dibanding sebelumnya, ada tambahan ‘lengan ayun’ plus bearing di
sisi kanan. Katanya ini merupakan solusi lantaran sebelumnya bagian
belakang sebalah kiri sering retak. Tapi menjadi repot, saat ganti ban.
Perlu tenaga tuh, dan pastinya masih aman buat komponennya. Oh ya,
sebelum ke langkah itu. Perlu lepas knalpot dulu, tempatkan di tempat
lapang dan pakai standar tengah. Perhatikan saja di mana letak baut
pengikat knalpot, kuncinya pakai T10.
Baru lepas ‘lengan ayun’ dengan kunci T14 (jumlah bautnya ada 4).
Terakhir baru lepas baut as roda dengan kunci sok 24. Setelah itu
tinggal melepas ‘ikatan’ bearing atau lahernya dengan cara dicungkil
dulu sedikit baru dipukul balok kayu sampai benar-benar terlepas dari
arah baliknya. Artinya, bukan ganti bannya yang sulit. Tapi melepas
rodanya yang bikin keringatan.