Contoh cat masih kinclong |
1. Rusaknya cat pada motor biasa diakibatkan karena proses pencucian motor yang kurang baik.
Penggunaan sabun untuk mencuci yang kurang cocok. Sabun colek atau
detergent dibuat khusus untuk menghilangkan noda/kotoran pada kain,
sehingga kandungan zat-zat kimianya pastilah sangat keras dan bisa
merusak cat motor. Selain itu, sabun colek atau detergent sulit larut
dalam air, sehingga
sisa sabun yang terbawa sponge beresiko menyebabkan gores/lecet pada
permukaan cat. Selalu gunakan shampoo motor ketika mencuci motor, karena
zat-zat kimia yang digunakan telah disesuaikan agar tidak merusak warna
cat.
2. Proses pengeringan yang tidak sempurna juga dapat membuat cat motor kamu menjadi rusak.
Bercak air yang tertinggal bisa menyebabkan timbulnya noda air dan
jamur yang nantinya sangat sulit untuk dihilangkan. Maka dari itu
sehabis mencuci motor pastikan kamu mengeringkan motor kamu sampai ke
bagian celah-celah motor, dan selalu gunakan chamois/kanebo yang bersih
untuk mengeringkan motor agar permukaan cat tidak gores dan kering
dengan sempurna.
3. Hindari parkir di area terbuka (tanpa atap) dalam waktu yang lama.
Terik sinar matahari, air hujan, dan embun bisa membuat warna cat motor
kamu menjadi kusam dan bisa menimbulkan karat pada bagian motor yang
terbuat dari logam. Hal tersebut bisa kamu atasi dengan cara menutupi
motor menggunakan sarung motor atau terpal khusus bila sedang parkir di
area terbuka dalam waktu yang cukup lama.
4. Janganlah terlalu sering mengunakan cairan khusus untuk mengkilapkan body motor.
Jika terlalu sering lama-kelamaan lapisan cat pada body motor kamu akan
terkikis sehingga warna cat akan menjadi pudar atau luntur.
5. Pemasangan stiker motor yang berlebihan sebenarnya juga kurang baik untuk cat motor kita.
Ketika stiker tersebut dicopot atau terlepas, lapisan pelindung cat pada
body motor akan ikut terlepas dan bekasnya akan jelas terlihat pada
body motor kita. Walaupun bekasnya kecil tapi kalau banyak, kan gak enak
juga dilihatnya.
Nah mulai sekarang kita harus memperhatikan kondisi tampilan motor kita agar motor itu tampak selalu seperti baru.