Cara Membersihkan Kerak di Piston dan Blok Mesin

Posted by

Performa motor sudah drop dan bensin menjadi boros merupakan tanda dari kotornya ruang bakar. Hal ini disebabkan karena kotornya udara yang masuk ke ruang bakar atau endapan bensin yang tidak terbakar. Selain itu, kerak di piston dan blok dapat mengganggu proses kompresi dan pembakaran mesin. Akibatnya, piston bisa bolong akibat kompresi yang berlebih itu.
Cara mengatasi nya dapat membersihkan nya secara manual atau menggunakan cairan perontok kerak di mesin. Berikut cara membersihkan kerak mesin di piston dan blok secara manual :

1. Siapkan alat yang akan digunakan.
Jika alat yang digunakan kurang lengkap dan kurang bagus akan mengganggu proses pembongkaran mesin. Sebaiknya pahami alat yang akan digunakan dan cara untuk membuka pengunci (mur baut) pada mesin.
2. Keluarkan oli mesin dan buka cover/body, footstep, dan knalpot.
Untuk langkah ini kalian pasti bisa melakukannya.
3. Lepas karburator dari dudukannya.
Anda juga dapat membersihkan bagian dalam karburator nya agar tidak bolak-balik kerja.
4. Membuka penutup magnet dan memposisikan TOP.
Membuka tutup magnet dapat diakali dengan menjepit uang koin menggunakan tang dan memutar tutupnya. Posisi kan TOP magnet nya.

5. Kendurkan tensioner keteng.
Cara mengendurkan dapat menggunakan oben min kecil diputar hingga mengunci.
6. Buka empat baut pengunci blok di depan.
Cara membukanya harus bergantian agar baut tidak slek. Jika pengencang rantai kamprat  memakai model tensioner, buka lah juga dan secara bergantian.
7. Buka baut gear noken as.
Membuka nya dengan menahan magnet dan putar baut gear noken as berlawanan arah jarum jam.
8. Menarik blok kop dan blok nya.
Tarik keluar satu per satu mulai dari blok kop, gasket, dan blok nya. Untuk melepas piston nya, gunakan tang untuk melepas pengunci pen dan tarik pen piston perlahan.
9. Bersihkan piston dan blok sampai kerak hilang.
Agar mudah, oleskan bensin pada kerak agar kerak tidak keras. Sikat menggunakan sikat kawat.

10. Pasang kembali piston, blok, gasket, dan blok kop.
Jangan lupa posisi ring kompresi pada piston harus membentuk segitiga agar kompresi tidak bocor.
11. Pasang gear rantai kamrat ke posisi TOP.
Jangan lupa posisi kan top magnet dulu baru gear di noken as nya.
12. Merakit kembali karburator, knalpot, footstep, dan body.
Setelah terakit semua, setel ulang campuran udara pada karburator dan lakukan final inspection.


Blog, Updated at: 7:49 AM

Pengunjung

Powered by Blogger.