Cara Jetting dan Menyetel karburator

Posted by

Karena masih ada dan malah banyak yang tidak tahu tentang jetting karburator, saya coba ulas lebih lengkap.
Setting karburator dilakukan dengan melakukan adjustment pada :
1. Ukuran pilot jet
2. Ukuran main jet
3. Posisi klip needle jet
4. Setelan bukaan udara
5. Setelan stasioner
Pada bukaan gas 3/4 hingga full yang berperan adalah jarum skep dan main jet. Jadi yang mau nambah top speed, ganti main jet. Tinggal beli main jet baru yang ukurannya lebih besar, terus pasang menggantikan yang lama. Ukuran dratnya dan bentuk harus sama, yang beda adalah ukuran lubang di tengahnya. Jadi tak ada masalah gonta-ganti MJ/PJ asal bentuk dan dratnya sama.
Untuk setting air-screw/angin2, fungsinya untuk mengatur perbandingan bahan bakar dengan udara yang masuk. Semakin kering campuran maka bisa lebih irit. Namun, konsekuensi nya mesin cepat panas. Kalau terlalu kering motor malah tidak bisa jalan. Setting yang optimum ditunjukkan dengan warna busi merah bata. Itu berarti setting sudah pas dah hasilnya pasti irit dan bertenaga. Kalau mau akselerasi cepat, setting dibuat kaya. Efeknya boros dan caranya dengan menggeser posisi klip ke bawah.
Jadi tetapkan dulu MJ, PJ dan posisi klip. Posisi klip standard adalah ditengah. Kalau mau irit, clip bisa naik ke posisi kedua dari atas. Kalau paling tinggi, khawatir terlalu irit. Kalau terlalu kering, blok gampang overheat dan piston-ring bisa macet saat dipakai ngebut. Kecuali dipakai ibu - ibu yang jarang ngebut, bolehlah di-setel irit habis .
Selanjutnya melakukan penyetelan bukaan udara agar campuran bensin-udara hasilnya optimum. Tanda campuran optimum adalah warna busi merah bata (pembakaran hampir sempurna).
Cara penyetelan bukaan udara karburator konvensional:
1. Putaran sekrup stasioner searah jarum jam hingga stasionernya tinggi (± 2500 rpm).
Memutar spekrup stasioner searah jarum jam menyebabkan skep terangkat. Sama dengan membuka gas, membuka gas menyebabkan venturi semakin besar dan putaran mesin naik. Kenapa harus tinggi dulu? Karena nanti bukaan udara akan ditutup habis, kalau skep tidak cukup terangkat maka mesin jadi mati. Jadi skep harus cukup terangkat dulu.
searah jarum jam → RPM naik
Sekrup stasioner. Putaran searah jarum jam menyebabkan stasioner semakin tinggi. Putaran arah sebaliknya menyebakan langsam/stasioner makin rendah.
2. Putar sekrup bukaan udara searah jarum jam hingga masuk mentok(menutup).
Selama diputar, langsam/stasioner akan menurun. Bila mesin jadi mati, buka sekrup udara 2 putar, kembali ke langkah pertama dan tambahkan langsamnya.
searah jarum jam → campuran bahan bakar menjadi kaya
tandanya RPM turun dengan cepat
Putar sekrup bukaan udara searah jarum jam hingga masuk mentok, tetapi jangan dikencangkan.
3. Putar sekrup bukaan udara berlawanan jarum jam(membuka), secara perlahan-lahan.
Amati suara stasioner nya (suara knalpot/mesin), stasioner akan semakin tinggi seiring sekrup udara dibuka secara perlahan. Putar terus secara perlahan-lahan, dan berhenti saat stasioner tidak mau naik lagi. Untuk kondisi standar rata - rata berada 1.5 - 2 putaran. Jika ingin akselerasi lebih dan mesin awet, buat campuran bahan bakar lebih kaya sedikit. Caranya putar sekrup bukaan udara searah jarum jam sebanyak ¼ putaran lagi.
putar berlawanan arah jarum jam hingga RPM tertinggi
4. Putaran sekrup stasioner berlawanan jarum jam hingga stasionernya turun.
Pilih stasioner yang cocok. Stasioner yang cukup/tinggi menyebabkan mesin responsif tapi boros bensin, stasioner yang kurang/rendah menyebabkan bensin irit tapi jadi kurang resposif (kurang tenaga). Selesai sudah jetting karburator-nya.
Kalau sekrup stasioner sudah dibuka banyak atau sampai habis tapi idle-nya ngga mau turun2, itu tandanya jarum nya menggantung. Biasanya disebabkan setting jarak main kabel gas tidak ada.
Kabel gas dapat diatur untuk jarak main bebas grip gas di setir. Usahakan kira - kira ada 2-10 mm jarak main bebas nya. Kalau tidak ada jarak bebas nya khawatir RPM mesin tidak turun meski putaran sekrup stasioner nya sudah mentok ke kiri. Kalau sampai terjadi rawan kecelakaan nanti nya.


Blog, Updated at: 6:01 PM

Pengunjung

Powered by Blogger.