contoh busi asli (kiri) dan palsu (kanan) |
Konsumen motor kerap kali dirugikan dengan maraknya penjualan busi palsu. Hal tersebut tak hanya mempengaruhi performa mesin, kerusakan komponen
juga bisa menjadi dampak lebih jauh dari penggunaan busi abal-abal.
Nah, edukasi mengenai bahaya dan cara mengidentifikasi busi palsu coba
dilakukan produsen busi NGK di ajang IIMS 2013.
Buat merek NGK, yang paling kentara adalah penggunaan tutup plastik di bagian ulir busi. Itu jelas produk
palsu. Sebab semua busi yang kami produksi tak ada yang menggunakan
tutup plastik pada ulirnya. Kalaupun ada bahannya kertas itupun buat
tipe Iridium, bukan standar.
1. Terminal nut
Pada terminal nut, ulir pada busi asli lebih halus dan rapi ketimbang yang palsu.
2. Part number
Penulisan part number pada busi asli rapi teratur. Sedangkan yang palsu tulisan bisa lebih tebal, atau tipis dan posisi tidak rapi.
3. Nomer di hexagonal
Busi NGK asli selalu memiliki nomor lot produksi di bagian hexagonal yang tak ditemui di busi palsu.
4. Bahan busi
Metal Shell busi asli terbuat dari bahan besi baja yang kuat dan tahan
panas. Dengan proses pengerjaan plating Cr3, busi asli tahan akan korosi
dan warna tidak pudar meski disimpan lama.
5. Ring gasket busi
Karena desainnya asal, gasket/ring busi palsu mudah terlepas. Sementara
posisi ring di busi asli dirancang agar lebih susah terlepas. Kalau
terlepas, pihak NGK mengklaim jika ring tersebut tak akan bisa dipasang
kembali pada busi.
6. Elektroda busi
Konstruksi ujung elektroda, gap dan penyambungan pada busi asli sangat
rapi. Sehingga kemungkinan untuk patah dan merusak mesin tak akan ada.
Lebih lanjut, pria ramah ini juga menjelaskan secara singkat mengenai
bahaya aplikasi busi palsu. Penggunaan busi palsu sangat merugikan,
bahkan bisa merusak mesin. Sebagai contoh, bahan logam pada ujung
elektroda busi palsu gampang patah. Patahan tersebut dapat masuk ke
ruang bakar dan ikut terhantam piston. Hasilnya, piston bisa rusak, bahkan merembet ke komponen lain seperti klep dan lainnya.
Sumber