Kenali Penyebab Mesin Sepeda Motor Berbunyi Kletek-Kletek

Posted by

Rantai Keteng

Pemeliharaan dan perawatan rutin untuk kendaraan bermotor yang digunakan untuk beraktifitas sangat dibutuhkan untuk tetap menjaga performa sepeda motor tetap prima khususnya mesin yang merupakan penggerak utama sepeda motor. Performa sepeda motor yang terawat tentu berbeda dengan sepeda motor yang tak terawat. Banyak masalah yang akan ditimbulkan jika sepeda motor tidak dirawat dengan rutin terutama kinerja mesin yang tidak akan optimal. Selain itu akan muncul masalah lain yang tidak dapat kita duga, seperti suara kletek-kletek pada mesin.

Sebaiknya segera dibawa ke bengkel jika sepeda motor sudah berbunyi kletek-kletek untuk diperbaiki, karena jika tidak segera diperbaiki dikhawatirkan akan akan meimbulkan kerusakan mesin lebih parah lagi.

Tentu ada bermacam-macam penyebab mesin motor berbunyi kletek-kletek, kita sebagai pengguna sebaiknya tahu penyebab-penyebabnya. Berikut beberapa penyebab mesin motor berbunyi kletek-kletek.

Penyebab Mesin Motor Bunyi Kletek-Kletek

1. Ada Masalah pada Stang seher

Masalah yang sering timbul pada stang seher adalah karena kurangnya pelumasan. Bagian ini terbuat dari logam yang memerlukan pelumasan. Jika pelumasan pada bagian ini tidak maksimal, maka gesekkan akan menimbulkan mesin motor berbunyi kletek-kletek.

Jika tidak segera diperbaiki dapat menyebabkan kepala piston jebol, stang seher menjadi bengkok dan tidak menutup kemungkinan blok mesin bisa jebol.

2. Jenis dan Takaran Oli Pelumas yang Tidak Sesuai

Fungsi Oli pelumas adalah melumasi bagian mesin agar kinerja mesin lebih optimal. Ukuran takaran dan kekentalan oli akan mempengaruhi kinerja mesin motor tersebut. Oli motor yang diproduksi menyesuaikan dengan jenis motor dengan pabrikan tertentu, hal tersebut disebabkan karena setiap jenis motor memiliki karakteristik tertentu dan membutuhkan jenis oli yang sesuai karakteristiknya. Jadi penggunaan oli serta takaran yang tidak sesuai akan meyebabkan bagian-bagian mesin penggerak pada motor tidak akan bekerja optimal dan akan cepat rusak

3. Rantai timming kendor

Penyebab lain mesin motor berbunyi kletek-kletek terjadi karena rantai timming yang sudah mulai kendor. Rantai timming menjadi hal yang penting pada setiap mesin motor sebagai penghubung untuk menggerakkan roda belakang..

Saat rantai timming mulai kendor, posisi rantai mungkin saja tidak tepat pada gigi rantai dan pada akhirnya selin menyebabkan mesin motor bunyi kletek-kletek juga membuat mesin tidak bisa berjalan dengan sempurna.

4. Kompresi bocor

Suara mesin motor berbunyi kletek-kletek adalah ciri umum bahwa kompresi mengalami kebocoran dan biasanya disertai dengan munculnya asap putih pada knalpot.

Pembakaran mesin yang ideal dilakukan ada pada suhu dan tekanan yang tinggi, Jika kompresi turun maka akan muncul suara yang berisik dan performa mesin akan menurun

5. Tensioner bermasalah

Tensioner yang terdapat pada sepeda motor berfungsi untuk menjaga agar motor berjalan dengan lancar dan baik. Tensioner merupakan komponen mesin sepeda motor yang bertugas menjaga ketegangan rantai agar sesuai dengan kebutuhan mesin.

Jika perubahan pada kekencangan rantai tersebut (kencang/kendor) maka akan berpengaruh terhadap proses putaran mesin dan menimbulkan suara mesin motor berbunyi kletek-kletek.

6. Rumah kopling bermasalah

Jika rumah kopling mengalami masalah, maka akan menghasilkan suara yang mengganggu teru-menerus kemudian akan terasa “duk” saat motor melakukan pengerema secara tiba-tiba.

Penyebabnya  karena bak kopling sudah aus atau sistem otomatisnya tidak berfungsi dengan baik karena merenggang.

7. Usia motor sudah tua

Usia mesin motor yang sudah tua juga dapat menyebabkan mesin motor bunyi kletek-kletek. Hal tersebut wajar karena banyak bagian mesin motor yang memang sudah saatnya untuk diganti. Penggantian tersebut mau tidak mau harus dilakukan supaya kinerja mesin tetap optimal bagus.

Bahkan untuk  kendaraan tua yang sejak awal pembelian melakukan perawatan dengan rutin, pemiliknya pasti akan mengganti bagian motor yang sudah dimakan usia.

Kebutuhan untuk penggantian bagian motor dapat disebabkan karena aktifitas, rutinitas dan frekuensi pemakaian motor oleh pemilik motor.

Sekedar mengingatkan, jika motor Anda berbunyi kletek-kletek segera bawa ke bengkel resmi atau bengkel langganan untuk menghindari kerusakan yang parah demi keamanan dan kenyamanan saat berkendara.

Sumber :/moladin.com/

Foto : www.liputan6.com/


Blog, Updated at: 5:14 AM

Pengunjung

Powered by Blogger.