Kampas kopling cepat aus bukan
cuma dari kualitas oli atau pemakaian kasar. Yang lebih penting saat
melakukan pengaturan posisi pasang pelat kopling terhadap kampas.
Jika terjadi kesalahan biasanya permukaan kampas cepat terkikis dan
berpengaruh ke tenaga. Hal itu disebabkan bentuk lingkar luar pelat
kopling berbeda, hingga berisiko menggerus kampas saat kopling bekerja.
Bisa dilihat lingkar luar pelat yang satu sisinya agak bundar, sedang
bagian sisi sebelahnya siku juga lebih tajam. Jika pemasangan pelat ada
yang terbalik atau susunannya sembarang.
Bagian yang siku dan tajam dengan mudah memangkas permukaan kampas.
Terlebih jika bagian itu berhadapan dan saat kopling dalam posisi bebas.
Tak ayal pelat berputar di antara kampas kopling pula ikut mengkikis.
Supaya gak boros kampas kopling, berikut petunjuk cara pasang kampas dan
pelat kopling yang benar. Susunan arah pemasangan pelat, mau arahnya
semua ke dalam atau keluar bisa saja. Yang enggak boleh itu, bagian yang
siku dan tajam atau bundar tidak boleh saling berhadapan satu sama
lain.
Misal, urutan pemasangan pertama, kampas dimasukkan ke rumah kopling.
Lalu diikuti penataan pelat yang bagian lingkar luarnya siku dan tajam
arahnya ke dalam. Silakan lakukan hal yang sama sampai semua peranti
tadi sudah kemblai tersusun seperti sedia kala.