perangkat slipper clutch |
Kawasaki New Ninja 250Fi di luar negeri dibekali mesin 300 cc, makanya
jadi Ninja 300. Tak hanya kapasitas naik dengan memperpanjang stroke,
Ninja 300 juga mengaplikasi slipper clutch (SC), sistem di kopling bertujuan untuk memberi efek selip saat deselerasi. Engine brake jadi enggak berlebihan.
Karena engine brake
mengecil, roda belakang enggak mudah mengunci sehingga lebih safety,
terutama di lintasan basah. Kelebihan lain dengan minimnya engine brake,
stress rantai, gir dan ban berkurang jadi lebih awet.
detail slipper clutch |
Slipper clutch cara kerjanya enggak terlalu rumit. Rangkaiannya ada di
rumah kopling bagian luar. Cover kopling modelnya dibikin bisa
mengembang dengan cara bergeser, makanya ada semacam alur miring yang
bekerja satu arah (gbr.2), termasuk juga lubang per kopling yang hanya 3
juga panjang (gbr.3), sehingga bisa bergeser. Saat deselerasi kala
kopling dapat tenaga dari roda, cover akan bergeser mengembang sehingga
gesekan kampas dan plat kopling berkurang, beban putaran roda ke kruk as
jadi berkurang.
Enggak semua kampas dan plat yang bekerja saat SC mengembang, hanya 2
kampas dan 1 plat yang ukuran lebih kecil dan posisi paling luar
(gbr.4). Sistem SC milik Ninja 300 ini bisa dipasang ke Ninja 250Fi
secara plug n play. Anjany Racing yang beralamat di Jl. Arteri Kelapa
Dua No. 21 Kebon Jeruk, Jakbar ini menjualnya satu set Rp 2,5 juta, berikut kampas dan plat kopling (gbr.5).