Kali pertama meluncur di jalanan, tongkrongan nya begitu memukau.
Memberikan kesan sosok yang gahar di jalanan. Terobosan mutakhir dari Yamaha
dalam pembenahan desain rangka dan bodi dengan dimensi lebih bongsor
tapi proporsional. Saudara muda TZM-150 yang bermesin hanya 135cc ini
sukses menebas pesaing nya di kelas sport 2 tak 150 cc, di antaranya NSR-150 dan Ninja. Waktu berlalu bagaimana performanya kini ?
Di sini RX-Z melenggang bagaikan versi jalan raya nya TZM-150. Coba
amati pelan tapi pasti, nilai minus nya cuman di fairing. Segi ergonomi
nya pun kental sport tulen yang pertama kali disajikan oleh Yamaha di
pasar Indonesia. Latar belakang kehadiran di pasar sport 2 tak,
sejatinya pabrikan Yamaha memiliki kekhawatiran yang berlebihan akan
pesaing sport 2 langkah kala itu. RX-Z bermain di segmen menengah, di
atas RX-King dan di bawah TZM-150.
Dengan terback up nya ceruk sport 2 tak di segala segmen, Yamaha jadi
sukses menaklukkan pesaing nya. Pertengahan sembilan puluhan-pun
Yamaha menjadi penguasa pasar sport 2 tak. Meskipun di antara produk sport 2 tak nya ada yang dikorbankan, efek bumerang dan kecenderungan keinginan pasar.
Nasib RX-Z saat ini nampaknya tetap mendapat tempat di hati pecinta roda
dua tanah air. RX-Z juga tetap jadi idola di lintasan karapan serta
grasstrack. Faktor ini yang menyebabkan harga pasaran RX-Z stabil di
angka 4 juta – 6 juta.
Namun umur 16 tahun buat sebuah motor
jenis sport, bukanlah usia yang muda lagi. Ada sejumlah bagian
komponennya yang mulai aus dimakan usia. Bagian mana saja yang paling
sering mengalami kerusakan serta problem terkait tipikal sport tulennya
adalah sebagai berikut:
SILINDER BARET DAN UMUR BEARING AS KRUK
Gaya pemakaian serta maintenance yang berlaku, banyak pemilik yang
menempuh jalan paling praktis dalam pemakaian oli samping. Misalnya, tak
sedikit yang menon-aktifkan pompa oli samping dengan cara langsung
dicampur dengan bensin dalam tangki. Kadar bensin yang terlalu pekat,
sering membekas di dalaman karbu berupa lendir yang berpeluang
menyumbat dalaman karbu.
Gawat nya lagi, ketika motor usai parkir lama kadang kala kandungan oli
samping cenderung tertimbun di dasaran tangki. Saat mesin dihidupkan,
cuman bensin yang dikonsumsi kan buat pembakaran serta pelumasan
silinder. Kurang homogen nya oli samping dengan bensin ini akan
mempercepat baret nya liner silinder, termasuk bearing as kruk yang juga
membutuhkan pelumasan dari bias pembakaran bensin campur. Maka dalam
pemakaian aktif hindari gaya pemakaian bensin campur yang dikenal paling
praktis ini.
TENAGA NGEDROP DAN KOMPRESI BOCOR
Pada RX-Z gejala itu tak hanya disebabkan oleh ring kompresi melar atau
silinder cop yang mulai peyang efek panas mesin. Justru fenomena itu
jarang terjadi. Paling sering, faktor ngedrop nya tenaga di RX-Z
disebabkan sil as kruk bagian kiri yang bertugas sebagai penyekat ruang
crank case agar lebih
kedap terindikasi mulai bocor atau aus. Sehingga gas segar
yang di-bilas di crank case kapasitas nya berkurang. Jadinya saat
pembakaran terjadi penurunan debit gas segar, yang berujung pada
detonasi serta turunnya performa mesin.
Pengecekan mudah sekali dilakukan. Bisa langsung diperiksa fisik sil as
kruk nya. Kalau mulai bocor di sekeliling bawah nya biasanya terjadi
rembesan pekat (oli samping tersengat panas mesin) seperti yang ada di
leher knalpot 2 tak.
Problem demikian ini tak cuman diperlukan penggantian sil as kruk. Lebih
lanjut bearing as kruk juga wajib diperiksa. Mengingat antara sil as
kruk dan bearing as kruk merupakan satu rangkaian dan ddibutuhkan
kekompakan dalam spesifikasinya.
PENYAKIT KARBU DAN TABUNG YEIS
Maklum sudah lama, itu tuh karet penghubung antara karbu dengan blok
silinder. Efek sengatan panas, namanya karet jadi lebih mudah getas. Dan
ketika klem karbu dikencangkan, bukannya venturi karbu yang optimal
dijepit dan dirapatkan, melainkan getas nya karet mulai nampak dengan
munculnya retakan ukuran rambut.
Selain bagian sekeliling nya, penampang yang berhubungan dengan rumah
membran juga sering peyang dan tak rata. Efek buruknya, bbm jadi lebih
boros dan akselerasi bawahnya jadi lebih mudah tersendat. Mengenali
joint karbu yang sudah getas sangat mudah, bisa langsung ditinjau dari
fisiknya. Kalau ditusuk obeng tak membekas, saat nya ganti baru.
MENON-AKTIFKAN TABUNG YEIS
Yamaha Energy Induction System, itu kepanjangannya. Berfungsi sebagai
penyimpan gas segar yang akan mengeboost ketika tekanan negatif mesin
mulai meningkat. Buat jarak middle, memang keluar dan manjur manfaat
nya. Tapi buat metropolis entar dulu. Gasingan bawah jadi kurang garang,
power baru terasa di rpm 4000.
Jelas mekanis mesin seperti ini kurang ideal ketika keperluan bermanuver
di metropolis. Ada baiknya untuk menutup slang tabung YEIS dengan baut
12 mm dan rapatkan dengan lem dan kabel ties. Selain untuk mengirit BBM, juga ditujukan tingkat efektif tangan pengendara melintir handgrip.
SOK DEPAN DAN PENGEREMAN
Bagian inner tube nya
susah untuk dibenahi kalau sudah aus permukaan yang biasa kontak dengan
sil oli. Jadi nya oli sok merembes terus. Kalau sampai akhirnya
kapasitas oli sok dari 70 cc jadi 25 cc, akan terasa dampak buruk nya.
Kalau di jalanan drible sepertti naik motor yang tak ada sok nya, keras
banget. Disebabkan vibra yang dihasilkan sok depan tinggi banget. Tak
ada pilihan lain, kecuali mengganti nya dengan sok depan Scorpio, yang
memiliki dimensi, travel dan kapasitas rebound yang sebanding dengan
RX-Z.
Penggantian sok depan milik Scorpio, faktor pengereman secara tak
langsung turut diuntungkan. Pasalnya, caliper orsi RX-Z wajib mengalami
penggantian. Selain masalah dimensi serta model bracket yang berbeda
faktor penyimpangan kondisi caliper juga bisa dibenahi. Dalam hal ini
terkait clearence piston caliper serta sil-sil nya.
HEAD LAMP BURAM GANTI BULAT
Ori nya model kotak kesannya klasik banget. Seiring dengan umur nya reflektor head lamp
tentu saja kusam, pecah-pecah pun keturutan. Mengatasinya, dapat
menggantinya dengan head lamp model bulat agar terkesan neo klasik.
Pilihannya bisa pakai head lamp Scorpio-Z atau Tiger. Lanjutkan dengan
membuat bracket head lamp, sesuai dengan lebar head lamp model bulat.
Sedang soket nya, manfaatkan aja soket orsi dan sambungkan pada bolam
head lamp yang dikanibal.