karbu original nya |
Karburator Jupiter VM16SH
merupakan bawaan asli Jepang CBU awal tahun 2001-2004. Ciri-cirinya,
venturi nya lurus saja dari bawah ke atas. Berbeda sekali dengan
karburator Jupiter-Z / New Vega-R / Shogun / Smash yang venturi nya
menyerupai telur terbalik. Untuk memperbaiki performanya, kita dapat
mengambil langkah reamer.
Langkah nya:
1. Reamer Venturi Karbu.
Reamer venturi karbu dengan
lebar maksimal 18mm karena jika lebih dari itu venturi bisa lubang
tembus menuju bagian atas mangkuk karbu. Jika sudah lubang, terpaksa
tambal menggunakan lem besi sehalus mungkin.
2. Reamer Silinder Piston Skep / Piston Valve.
Dengan reamer venturi, skep bawaan asli tidak dapat digunakan kembali
karena sisi kanan kiri venturi pasti lubang karena skep yang kurang
lebar. Oleh karena itu, ada beberapa pilihan skep yang dapat digunakan
seperti RC100 dengan diameter 19mm dan PnP (plug and play) atau GL100 dengan diameter 20mm dan harus mengubah posisi cutaway nya.
3. Memotong Tinggi Piston Skep / Piston Valve.
Skep pilihan untuk reamer an boleh di potong atau tidak alias tidak wajib. Jika di potong, usahakan hasilnya tegak lurus dengan bidang tinggi skep, rata, dan mirip asli nya.
4. Spuyer Pilot Jet dan Main Jet.
Spuyer wajib naik step dan cari kombinasi yang pas. Cara lihat-nya dapat dilihat dari warna elektrode busi. Kira - kira 17.5/105 untuk PJ/MJ nya.