Sebelum ganti harus dipahami dulu fungsi noken as racing (Racing Cam Shaft). Ketika piston turun ke bawah untuk melakukan proses hisap, klep
in (pemasukan) akan terbuka membiarkan kabut bahan bakar dan udara
masuk tersedot ke ruang inner cylinder pembakaran, untuk kemudian sesuai
putaran mesin, klep in akan tertutup dan pergerakan piston naik ke atas
melakukan langkah kompresi, di langkah ini udara di mampatkan mencapai
tekanan 100 Psi (per square inchi) untuk kompresi standart, tapi bila
menggunakan noken as racing bisa mencapai 120 Psi (kompresi mesin
racing), bahkan bisa lebih ekstrem lagi 138 Psi untuk kompresi motor
Drag Race.
Pada noken as racing mengatur bukaan klep in lebih banyak suplai dan
lebih lama durasi membuka nya untuk memberi kesempatan campuran udara
dan kabut bahan bakar masuk
ke ruang pembakaran lebih banyak dari standartnya, untuk kemudian
dipercik api busi meledak dahsyat setelah di kompresi oleh piston.
Tentunya suplai kabut bahan bakar dan udara yang banyak sangat
dibutuhkan dengan bukaan klep in lebih banyak suplai dan lebih lama
durasinya ini, maka dibutuhkan perubahan pada karburator dengan memakai lubang ventury yang lebih besar naik 4 step(dari diameter 24mm naik ke diameter 28mm).
Pada Noken as racing terdapat 2 pilihan variasi dan model cara kerjanya ;
- Bukaan klep in yang didorong lebih besar(mm) dari standartnya, standart 4,5mm sedangkan yang racing 7mm bukaan klep in. Dampaknya klep standart bisa patah karena impact yang besar dan kuat.
- Bukaan klep in dengan durasinya yang lama(derajat bukaan klep), standart; 2derajat sebelum TMA dan menutup 26derajat setelah TMB = 208 derajat durasi bukaan klep in, dengan tinggi bukaan klep in 4,5mm. Untuk yang Racing 4 derajat sebelum TMA dan menutup 32derajat setelah TMB = 216 derajat durasi bukaan klep in, dengan tinggi bukaan klep in 5,5mm. Sedangkan untuk keperluan Drag Race bisa mencapai 250 derajat durasi bukaan klep in. Dampaknya per klep standart bisa melemah rebound (daya lentingnya) karena tekanan yang terlalu lama durasinya.
Terdapat overlap antara klep in dan klep ex(pembuangan) yang lama pada
noken as racing ; buka 4 derajat klep in, tutup 6 derajat klep ex = 10
derajat overlaping(kedua klep terbuka bersamaan) pada proses bilas(buang
asap pembakaran dan hisap campuran kabut bahan bakar dan udara).
Sedangkan pada noken as standart ; buka 2derajat klep in, tutup 4
derajat klep ex = 6 derajat overlaping.
Karena bidang kontak antara noken as racing dengan rocker arm(pelatuk
klep) yang lebih liffting nok(top angkatnya lebih tinggi dan tidak
landai sempurna) mempengaruhi juga terhadap impact(pukulan) pada kepala
batang klep-klep, maka harus dibutuhkan penggantian klep racing juga,
serta untuk mencegah gejala floating(mengambang) pada per klep, maka
yang ini juga harus diganti sekalian, bisa menggunakan per klep Honda
Sonic. Efek dari penggantian ini akan mempengaruhi high noise(suara berisik) dari block cylinder head, karena efek per yang lebih rigid dan keras disertai bukaan yang lebih tinggi pada klep-klep.
Kalau sudah siap dengan bahan - bahanya, Ok... bisa ganti dengan noken as Racing, bisa menambah tenaga 25%, menambah top speed 35%.