Mencari part karburator
untuk yang aftermarket itu gampang-gampang susah, terutama skepnya yang
kebanyakan sering mengalami oversize atau oblak. Kenapa sering terjadi
demikian? Wajar saja jika mengunakan karbu selalu open filter / tidak
menggunakan boks filter, jadi debu / pasir dengan mudah terhisap dan
menempel di tabung skep sehingga tabung mudah baret. Kalau sudah begini
biasanya karbu sudah tidak berfungsi maksimal seperti setting nya
berubah, mbrebet seperti kebanyakan bensin, susah langsam, dsb.
Sebenarnya, part-kit
nya sudah banyak beredar, tetapi umumnya kita harus beli satu paket
part-kit dan harganya pun sama dengan harga 1 buah karbu yang Kw
Series. Untuk itu, cobalah beberapa solusi berikut yang mungkin saja
sudah umum bagi sebagian orang.
Kali ini kita akan coba membuat tabung Skep Carburator PE Series untuk Venturi 28. Bahan yang di butuhkan adalah :
1. As Sock Bekas Rx king diameter 30mm ( sesuai dengan Diameter Standar Tabung Skep Carbu 28 Pe Series) dan
2. Albronce
Keuntungan menggunakan Bahan dari As shock ini karena material-nya yang
kuat terhadap gesekan jadi tidak mudah termakan / oblak dan bobotnya
yang berat membantu menutup gas jadi lebih cepat. Lebih baik lagi jika
menggunakan barang bekas pakai yang bisa cari di tukang loak atau
onderdil bekas jika ingin lebih murah meriah.
As Shock Depan RX-King dan Albronce |
Langkah Pengerjaannya:
1. Memotong Sock As depan Sesuaikan dengan Tinggi Tabung Skep yang asli.
2. Membuat koin dengan tebal kira-kira 5mm dari albronce.
Sesuaikan diameternya dengan diameter tengah As shock. Untuk mengerjakan pembuatan koin ini memang kita harus membutuhkan bantuan tukang bubut. Namun, untuk yang lainnya, kita bisa mengerjakan sendiri secara manual.
Sesuaikan diameternya dengan diameter tengah As shock. Untuk mengerjakan pembuatan koin ini memang kita harus membutuhkan bantuan tukang bubut. Namun, untuk yang lainnya, kita bisa mengerjakan sendiri secara manual.
3. Memasukan koin ke dalam Potongan As Shock.
Posisikan tinggi rendahnya posisi koin sesuai dengan Tabung Skep standar. Lalu bor bagian tengah sesuai dengan diameter jarum skep. Agar jarum skepnya tidak lepas dari dudukan nya, bisa di buatkan pengancing atau di lem besi, seperti gambar di bawah.
Posisikan tinggi rendahnya posisi koin sesuai dengan Tabung Skep standar. Lalu bor bagian tengah sesuai dengan diameter jarum skep. Agar jarum skepnya tidak lepas dari dudukan nya, bisa di buatkan pengancing atau di lem besi, seperti gambar di bawah.
4. Membuat Dudukan Tali Gas.
Bor pada bagian sampingnya untuk dudukan tali gas sesuaikan dengan gambar dari lubang besar menjadi kecil agar tali gas dapat mengunci.contoh gambar di bawah
Bor pada bagian sampingnya untuk dudukan tali gas sesuaikan dengan gambar dari lubang besar menjadi kecil agar tali gas dapat mengunci.contoh gambar di bawah
5. Membuat Jalur Tabung Skep.
Jalur tabung skep berfungsi agar tabung skep tidak bergerak/berputar.Cara membuatnya bisa dengan menggunakan gergaji besi dari atas kebawah. Kedalaman dan lebarnya di sesuaikan kebutuhan.
Jalur tabung skep berfungsi agar tabung skep tidak bergerak/berputar.Cara membuatnya bisa dengan menggunakan gergaji besi dari atas kebawah. Kedalaman dan lebarnya di sesuaikan kebutuhan.
6. Membuat Setelan Gas.
Potong dengan menggunakan Gerinda usahakan berpatokan pada ukuran tabung
skep yang asli agar tidak terlalu jauh melenceng dari pakemnya.
7. Membuat Cutaway.
Untuk cutaway, papas bagian Pantat dengan menggunakan Gerinda dengan berpatokan pada ukuran tabung skep yang asli
Cara di atas bisa di terapkan juga untuk karbu Reamer, tinggal sesuaikan
diameter tabung sesuai dengan yang diinginkan.. Jika ingin mendapatkan
diameter tabung yang lebih besar, gunakan as shock lain yang diameternya
lebih besar dari RX-King seperti As Shock Tiger diameter 31mm atau
Scorpio 33mm. Namun hal ini hanya di rekomendasikan untuk karbu yang
telah mengalami reamer dengan dameter venturi yang lebih besar dari
standarnya.