Kegunaan :
1. Memberi bensin tambahan saat start dingin sehingga motor mudah dihidupkan.
2. Membuka katup gas sedikit lebih besar, supaya motor dingin tidak mati pada keadaan idel
Komponen pada cuk :
1.Kabel cuk 4. Batang penghubung
2. Tuas cuk 5. Sekrup penyetel start dingin
Cara Kerja Sistem Cuk Biasa
1. Start dingin ( katup cuk ditutup )
Vakum mencapai nosel utama, maka : banyak bensin terhisap dan motor
mulai hidup. Batang penghubung membuka katup gas lebih besar, maka :
Putaran start dingin lebih tinggi dari pada idle ( » 1500 rpm)
2. Motor hidup, tetapi motor masih dingin
Penambahan bensin harus dikurangi, maka: katup cuk ½ terbuka Batang
penghubung masih membuka katupgas sedikit, maka: putaran motor masih
sedikit lebih besar dari pada idle ( » 1000 rpm )Hal tersebut mencegah
motor mati, karena banjir.
Sumber