EFI bekerja dengan beberapa prinsip utama, system Electronic Fuel Injections dibagi menjadi tiga macam system utama:
1. Sistem saluran bahan bakar.
2. Sistem udara masuk
3. System kontrol Elektronik
Berikut akan dijelaskan satu persatu mengenai bagian utama dalam EFI
1. Sistem saluran bahan bakar
Sistem saluran bahan bakar, terdiri dari tangki bahan bakar, pompa bahan bakar, pipa saluran bahan bakar, pressure regulator,pipa (selang) balik.
Bahan bakar menuju ke injektor ditekan menggunakan pompa bahan bakar.
Pompa bahan bakar diletakkan dekat dengan tangki bahan bakar, sedangkan
kontoran-kotoran yang ada pada bahan bakar disaring dengan menggunakan
filter yang sangat presisi, hal ini dimaksudkan agar tidak menyumbat
injektor.
Tekanan bahan bakar, diusahakan selalu konstan, untuk melakukan ini
digunakan alat pressure regulator, jika tekanan berlebih akan berbalik
menuju tangki lagi lewat selang balik.
2. System Udara Masuk
Sistem udara masuk terdiri dari saringan udara, pengukur aliran udara, katup throttle, chamber udara masuk, intake manifold runner, dan katup masuk.
Ketika katup throttle dibuka, udara mengalir melalui saringan udara,
udara masuk tergantung dari besarnya bukaan masuk throtlle, semakin
besar bukaan, aliran udara semakin besar.
Pada mesin toyota mempunyai dua metode untuk menghitung volume udara
masuk, yaitu L type EFI dimana tipe ini akan menghitung langsung volume
udara masuk, kedua D EFI dimana penghitungannya menggunakan tekanan di
intake manifold.
3. Sistem kontrol elektronik
Sistem kontrol elektronik terdiri dari beberapa sistem kontrol, yaitu
ECU (electronic control unit), Injector dan pengkabelan yang terkait.
Fungsi dari ECU sendiri untuk menentukan berapa jumlah bahan bakar yang
akan disemprotkan mengacu dari penghitungan sensor-sensor yang berada
pada mesin.
ECU menghidupkan setiap injektor bergantung pada pulsa yang dikirim dari sensor crankshaft.
Sumber